Rabu, 24 November 2010

Chromium (Google chrome) di Ubuntu

Hai.. salam para pecinta linux....

Saya mau bagi-bagi ilmu ni...
Bagi para pecinta linux yang suka bermain - main dengan flash di browser internet saya usulkan pake browser yang menarik... yang include dengan flash player jd gk usah repot harus instal satu-satu... :)
gak lain dan gk bukan adalah Chromium (Google chrome). hehehe....

Sedikit saja cerita, sebenarnya saya iseng2 pengen main2 game flash internet di kantor kalo lagi luang.. tp masalahnya d kantor saya pake linux, yg tentunya web browsernya otomatis pake mozilla firefox.. dan saya liat gk include sama flash playernya... nah... kn repot jg...
Nah... waktu itu ada aplikasi browser yg paling saya suka dan tentunya ialah Chromium (Google chrome). :D

Lah dari itu muncul pikiran gimana ya seandainya saya instal Chromium di linux saya... (kebetulan linux yg saya pake ubuntu karmic 9.10).

Sedikit banyak tanya pada paman google akhirnya ketemu juga... :)
gni ni caranya....

- pertama - tama yg perlu anda lakukan adalah menginstal paket .deb yg bisa anda download disini

- kemudia edit di /etc/apt/sources.list file, dengan perintah:
----------------------------------------------------------------
sudo gedit /etc/apt/sources.list
---------------------------------------------------------------

tambahkan 2 baris untu masing2 linux ubuntu:

+ Ubuntu 9.04 (Jaunty)
deb http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu jaunty main

+ubuntu 9.10 (Karmic) 
deb http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu karmic main
deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu karmic main

+ubuntu 10.04 (Lucid)
deb http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu lucid main
deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu lucid main

simpan kemudian exit...

-Setelah itu, tambah GPG key dengan menggunakan perintah:
------------------------------------------------------------------------------------------------------
sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com 0xfbef0d696de1c72ba5a835fe5a9bf3bb4e5e17b5
------------------------------------------------------------------------------------------------------


atau untuk linux ubuntu 9.10 (karmic) bisa menggunakan perintah
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
sudo add-apt-key ppa:chromium-daily/ppa
-------------------------------------------------------------------------


kemudian update source list menggunakan perintah:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
sudo apt-get update
-------------------------------------------------------------------------------------------------------


- Nah untuk yg terakhir tinggal mnjalankan instalasi Chromium.nya
jalankan perintah ini:
-----------------------------------------------------------------------------------
sudo apt-get install chromium-browser
---------------------------------------------------------------------------------

Dan selesei.....

jika ingin menjalankan, Applications->CrossOver Chromium->Chromium...

selamat mencoba.... :)


 
by: Adjex linuxer

4 komentar:

  1. b^^d
    Saya mah kagak ngerti blass soal linux. Hoho...

    BalasHapus
  2. Wah,mas. Bagaimana kalau saya tidak punya koneksi internet di rumah? Berkas apa saja yang harus saya unduh untuk diinstal secara luring di komputer rumah?

    Ngomong-ngomong, blognya bagus. Kapan-kapan mainlah ke blog saya. :-D

    Ade Malsasa

    BalasHapus
  3. kamu pake linux ap?
    gini... kmu ikutin aj cara yg diatas.. masukin sourcelist nya,... klo gk ad koneksi intrnet maka akn mncul pringtan download filed.. dsitu trtera link yg bs d download manual... ^^

    N kmu bs download klo ke warnet trus pke printah install manual "sudo dpkg -i nama file.gdb"

    met mncoba bro.. klo kurng paham bs lngsung tnya ato ku ksh link buat download paketnya.. ^^

    Oke... bagus jg blognya.. lanjutkan.. b^^d

    BalasHapus